Selasa, 03 Maret 2009

PROPOSAL KEGIATAN

LATAR
Mengapa Soekarno mampu menggerakkan rakyat Indonesia? Mengapa Mahatma Gandhi mampu menggerakkan rakyat India ? mengapa Marten Luther dapat diikuti kata – katanya oleh sebagian banyak orang di dunia ?
Kata inspiratif sebagai penggerak kekokohan sikap dari seorang pembesar itulah kata kuncinya. Kata inspiratif yang menjawab semua keingintahuan kita, dan kisah besar yang menghibur kita dalam alih – alih berbicara tentang perubahan untuk mengikuti orang – orang besar dalam melakukan perubahan. Namun permasalahan yang ada apakah kita tetap tidak bergeming dan tidak mengambil sikap sembari menunggu kata inspiratif dan kisah besar yang telah lama menghilang dari percakapan bangsa ini. Sebagai mahasiswa, menciptakan kata inspiratif dan menelurkan kisah-kisah besar yang mampu menorehkan tinta emas di lembar sejarah bangsa merupakan tugas besar yang harus kita jawab dan selesaikan.
Kesadaran akan cita-cita besar profesi keperawatan dan tanggungjawab terhadapnya menjadi modal dasar mahasiswa keperawatan untuk mulai menggerakkan diri. Kepeloporan mahasiswa Indonesia dalam mengusung agenda perubahan sosial politikpun telah memberikan dorongan sekaligus ruang bagi mahasiswa keperawatan untuk merapatkan barisan. Akhirnya tonggak sejarah pergerakan mahasiswa keperawatan Indonesia berhasil ditancapkan bersama pada september 2000 (Piagam Deklarasi ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia).
Mahasiswa sebagai agent of change, iron stock, dan social control mempunyai peran penting dalam perubahan kondisi zaman. Sejarah membuktikan bahwa mahasiswa telah menggoreskan tinta-tinta emas dalam lembar perjuangan bangsa. Posisi yang ditawarkan kepada mahasiswa, telah membawa angin segar terhadap pergolakan kondisi bangsa.
Sekarang ini, delapan tahun sudah Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) melangkah, mencoba menorehkan tinta emas dalam lembar sejarah dunia keperawatan, meskipun terkadang coretan itu belum bisa terbaca dan langkah kontribusi yang ILMIKI berikan masih jauh dari kata sempurna namun gerakan demi gerakan, kontribusi-kontribusi kecil demi sebuah perubahan besar selalu ILMIKI usung demi mendukung terciptanya profesionalisme keperawatan di Indonesia.
Menilik peran ILMIKI yang begitu besar, maka sangat diharapkan ILMIKI bisa lebih memantapkan langkahnya dalam segala hal. ILMIKI bukan hanya sekedar tempat berkumpulnya mahasiswa keperawatan seindonesia tapi ada sumbangsih nyata dalam bidang kesehatan. Untuk itu diperlukan keaktifan dan rasa solidaritas yang tinggi dari seluruh mahasiswa keperawatan Indonesia dalam mewujudkannya. Dalam mengaktualisasikan tujuan dan cita-cita tersebut, ikatan lembaga mahasiswa keperawatan Indonesia mengadakan suatu kegiatan tahunan yaitu Kongres Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia yang mengusung tema membangun dan memperkokoh gerak langkah mahasiswa keperawatan demi kejayaan profesi.
Melalui kegiatan ini diharapkan sumbangsih mahasiswa keperawatan dalam tercapainya cita-cita dan harapan bersama serta dapat mengaktualisasikan diri secara nyata di bidang kesehatan dan diharapkan pula agar kegiatan Kongres ILMIKI V akan mampu mencetak mahasiswa-mahasiswa yang memiliki sense of belonging yang tinggi terhadap profesi keperawatan serta mampu mengukuhkan semangat mahasiswa keperawatan untuk maju bersama menggawang perubahan demi kemajuan dan kejayaan profesionalisme keperawatan di Indonesia. Hidup Mahasiswa Keperawatan Indonesia!
NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia”.
TEMA KEGIATAN
Tema Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia adalah “Membangun dan Memperkokoh Gerak Langkah Mahasiswa Keperawatan Demi Kejayaan Profesi”.
TUJUAN
Tujuan dari penyelenggaraan Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia yaitu :
1.Pembahasan kepengurusan ILMIKI selama dua tahun
2.Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban ketua ILMIKI periode 2007-2009
3.Membahas dan menetapkan AD/ART dan GBHO dua tahun ke depan
4.Pemilihan Ketua ILMIKI periode 2009-2011
5.Penetapan anggota baru ILMIKI
6.Pembahasan isu-isu strategis
PELAKSANAA KEGIATAN
Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia dilaksakan pada :
Hari / Tanggal : Selasa – Sabtu / 31 Maret – 04 April 2009
Waktu : 08.00 - selesai
Tempat : Balai Pendidikan Non-Formal & Informal (BPPNFI)
Regional V Makassar, Jl. Adyaksa Raya No.2
Makassar, Sulawesi Selatan.
F
Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia akan diikuti oleh anggota beserta calon anggota ILMIKI.
G
Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia ditargetkan akan diikuti oleh seluruh anggota ILMIKI (50 orang).
H. INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan dari Kongres V Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia yaitu 60 % dari target dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar